Design-website
Langkah – Langkah / Panduan Membuat Website di Tahun 2019

Langkah – Langkah / Panduan Membuat Website di Tahun 2019

Langkah – langkah atau tata cara dasar untuk membuat sebuah website, yang bisa dijadikan pedoman bagi pemula atau yang baru ingin mengenal website.

Berikut ini adalah langkah awal dan akhir hingga terbangunlah sebuah website yang anda inginkan.

  1. Cara menemukan dan mendaftarkan nama domain. Hal ini bisa didapatkan secara gratis
  2. Memilih web hosting terbaik
  3. Cara menginstal WordPress yang merupakan tempat kita instal design (theme)
  4. Menginstal templat untuk mengubah desain situs Anda
  5. Membuat halaman di WordPress

Nama domain – ini adalah nama situs web Anda seperti google.com, atau apa saja. Anda bisa mengetik nama yang sesuai dengan nama bisnis anda, atau bisa saja nama yang anda anggap membawa keberuntungan bagi anda. Untuk mencari ketersediaan nama domain, anda bisa mengetik nama pada kolom pencarian nama domain. Kemusian dicentrang salah satu kolom atau dipilih misalnya .com, .co.id, biz, dan lainnya.

Setelah memilih nama domain Anda, klik tombol selanjutnya untuk melanjutkan. Kemudian selanjutnya Anda akan diminta untuk memberikan informasi akun Anda seperti nama, alamat, email, dll.

cari-domain

Hosting – ini adalah nama tempat dimana file-file situs web Anda disimpan. Sebelum anda memilih domain dan hosting, ada baiknya anda daftarkan data diri anda ke client area, karena dengan anda masuk ke client area, nama pemilik domain dan layanan hosting secara otomatis akan menjadi hak anda.

Setelah anda memlih nama domain dan hosting, Anda akan diarahkan ke informasi metode pembayaran Anda untuk menyelesaikan pembelian.

Setelah menyelesaikan pembelian, Anda akan menerima email berisi faktur bukti pembelian serta detail tentang cara masuk ke panel kontrol hosting web (cPanel).

cPanel adalah tempat /dasbor untuk anda mengelola setingan-setingan website , mulai dari instalasi wordpress, jomla dan lainnya, juga sebagai tempat anda untuk membuat atau mengatur email, akun ftp dan lain-lain.

Untuk langkah pertamanya, anda memulainya dengan;

Install WordPress

Anda akan menemukan banyak ikon pada dasbor cpanel anda. Anda tidak perlu menggunakan secara keseluruhan, anda cukup cari logo wordpres.

Gulirkan ke bawah cPanel anda dan kemudian klik ikon WordPress.cpanel-applinks

Setelah klik WordPress, anda akan diarahkan pada proses instalasi.

Pilih nama domain yang telah anda pilih tadi. Tombol belah kanan, ada opsi pilihan, anda bisa menggunakan www, atau tidak menggunakan www.

Kemudian pada kolom berikutnya secara otomatis akan bertuliskan ‘wp’, hal itu apakah anda ingin menginstal wordpres pada salah satu direktory, atau kami sarankan anda untuk menghilangkan tulisan ‘wp’

Pada kolom selanjutnya, ‘login name and pasword’, setelah digenerate, anda mesti mengcopynya ke tempat lain agar hal ini tidak lupa.

Kemuudian, gulirkan ke bawah anda tinggal klik ‘install’

Beres, website anda telah selesai “Congratulations! You have created your first WordPress website”.

Buka browser baru, kemudian ketik http://www.domainanda.com/wp-adminwploginpage

Anda dapat masuk ke situs WordPress Anda menggunakan nama pengguna admin dan kata sandi yang telah anda simpan tadi.

Setelah masuk ke dasbor woespress, berikutnya dan pilih desain untuk situs web Anda.

Masuk ke themes, melalui menu appearance.

Silakan pilih themes yang sesuai dengan keinginan anda. Atau anda bisa upload pada tombol diatas themes anda ‘add new’, kemudian install. Beres.*

 

5. Membuat halaman / postingan di WordPress, bisa dilihat disini

Share your thoughts

share what,s happening in your mind about this post